Minggu, 08 April 2012

SEMINAR NASIONAL WIRAUSAHA BARU 2012

COMING SOON !!
Seminar Nasional 2012



A.       PENDAHULUAN

Industri merupakan salah satu faktor pertumbuhan ekonomi untuk di kembangkan sehingga dapat meningkatkan penghasilkan  negara dan kesejahteraan masyarakat.  Dalam upaya meningkatkan perindustrian Indonesia maka perlu adanya peningkatan dan pengoptimalisasian sumber daya manusia Indonesia.
Untuk menyiapkan sektor industri dalam menghadapi persaingan global dibutuhkan entrepreneur yang memiliki potensi dan kemampuan dalam mengembangkan usahanya. UMKM merupakan salah satu sektor usaha yang paling memungkinkan untuk  tumbuh dan berkembangnya interpreneur baru. Dalam upaya menumbuhkembangkan hal tersebut maka sektor UMKM perlu untuk diletakkan pada garis terdepan pencapaian pertumbuhan ekonomi Indonesia.  Dalam meningkatkan produktivitas dan kreativitas dibidang interpreneur  diperlukan upaya peningkatan kualitas  dan kuantitas untuk menciptakan wirausaha baru.
Salah satu upaya untuk mendorong terciptanya wirausaha baru, pemeritah melalui kementrian perindustrian diharapkan memiliki terobosan dalam memfasilitasi hal tersebut terutama dalam mengatur regulasi kebijakan, program dan kegiatan. sektor pendidikan juga berperan aktif dalam hal menyiapkan sumber daya manusia terutama mahasiswa agar menjadi calon wirausaha yang berkualitas.
 Oleh karena itu, ke depannya diharapkan adanya sinergi antar lembaga terkait dalam usaha meningkatkan mutu serta sarana dan prasarananya agar para mahasiswa yang menimba ilmu di setiap instansi pendidikan memiliki kesiapan untuk dapat terjun langsung ke dalam dunia industri setelah mereka menyelesaikan pendidikannya.
Selain sektor pendidikan, peran investor dan pelaku usaha maupun tenaga kerja juga ikut berperan aktif dalam usaha pengembangan sektor UMKM. Oleh karena itu, diperlukan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan berwirausahan baik untuk mendukung berkembangnya sektor industri Indonesia. Semakin banyak wirausahawan baru yang memiliki kemampuan dan keahlian tinggi yang muncul di dunia perindustrian, maka perkembangan sektor industri nasional akan semakin baik.
Mahasiswa Akademi Teknologi Industri (ATI) Padang bersama seluruh pihak yang terkait, baik pihak pemerintah, pelaku usaha, investor, tenaga kerja, masyarakat umum maupun organisasi masyarakat ikut berperan aktif dalam memajukan sektor UMKM.
Mengingat pentingnya peranan wirausahawan baru di sektor UMKM, maka kami memandang perlu untuk melakukan suatu kegiatan yang dapat berkontribusi dalam upaya memajukan UMKM. Pada kesempatan ini dalam rangka mengaplikasikan tri dharma perguruan tinggi, maka dengan ini kami Mahasiswa ATIP akan melakukan kegiatan seminar nasional yang mengangkat tema tentang “Semangat Wirausaha Baru 2012
Seminar Nasional Wirausaha 2012 adalah acara yang berbentuk seminar dan  merupakan salah satu sarana bagi mahasiswa/pelajar generasi muda khususnya untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dan sekaligus memotivasi mahasiswa/ pelajar agar tertarik dan ingin menjadi wirausahawan yang meiliki mental serta keberanian yang tinggi. Selain itu kita dapat menambah wawasan terutama tentang sektor industri.  Adapun acara ini akan dikemas sedemikian rupa agar semenarik mungkin dengan diadakannya dialog interaktif antara peserta seminar dengan pembicara .
  
b.     TUJUAN KEGIATAN

                Adapun tujuan dari seminar ini adalah :
1.       Forum interaksi antara pemerintah, pelaku usaha dan calon wirausaha baru dalam memajukan sektor UMKM.
2.       Menumbuh kembangkan semangat kewirausahan dikalangan mahasiswa dan masyarakat.
3.       Menambah wawasan mahasiswa dan masyarakat tentang dunia industri khususnya sektor UMKM.
4.       Mendorong terciptanya insan industri kreatif yang berorientasi kepada pemanfaatan potensi daerah.




C.    NAMA DAN TEMA KEGIATAN


                        Nama                                Seminar Nasional Wirausaha 2012.
Tema Kegiatan                  : Semangat Wirausaha Baru 2012.


D.    PELAKSANA KEGIATAN

                Kegiatan ini diselenggarakan oleh Mahasiswa Akademi Teknologi Industri Padang dalam wadah BEM KM ATIP berkoordinasi dengan Forum Lembaga Mahasiswa Perindustrian Indonesia.








E.       PESERTA KEGIATAN

               Target peserta pada acara Seminar Nasional Wirausaha 2012 adalah 500 orang. Adapun instansi yang kami undang, antara lain :
1.       Pendidikan Teknologi Kimia Industri Medan
2.       Sekolah Tinggi Teknologi  Tekstil Bandung
3.       Sekolah Tinggi manajemen Industri Jakarta
4.       Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta
5.       Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta
6.       Akademi Teknik Industri Makassar
7.       Akademi Kimia Analis Bogor
8.       Mahasiswa/i Perguruan Tinggi  se-Sumatera Barat
9.       Siswa/i SMA/SMK se-kota Padang
10.   Dinas Perindustrian Kab/Kota se-Sumatera Barat
11.   UMKM dan IKM se-Sumatra Barat  
12.   LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) se-kota Padang
13.   Organisasi Kepemudaan se-Kota Padang



F.        WAKTU DAN TEMPAT

Acara akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal                       : Selasa, 15  Mei 2011
Waktu                                  : 09.00 WIB -15.00 WIB
Tempat                               : Gedung Serba Guna Kampus ATI Padang
                                                Jln. Bungo Pasang – Tabing







G.      PEMBICARA SEMINAR

1.       Dra. Euis Saedah M.Sc
Direktur Jendral Industri Kecil Menengah (Dirjen IKM) Kementrian Perindustrian RI
· Profil :
Direktur Jendral Industri Kecil Menengah (Dirjen IKM) Kementrian Perindustrian RI (Eksekutif Pusat). Lahir di Bandung 14 Juli 1956, telah menyelesaikan pendidikan S2 di University of Manchaster tahun 1995. 
Current Position : Director General of Small and Medium Scale Industries,Ministry of Industry
Previous Position : Secretary of the Agency of Industrial Research and Development, Ministry of Industry
· Materi seminar :
Sosialisasi Program Wirausaha Baru Kementrian Perindustrian RI

2.       Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, MSc
Gubernur Sumatera Barat
· Profil :
Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, MSc., Datuak Rajo Bandaro Basa (Gelar Kebesaran dari suku Tanjung, kecamatan Pauh, kota Padang), (lahir di Jogjakarta, Indonesia, 20 Desember 1963; umur 48 tahun) merupakan putra dari pasangan Drs. H. Djamrul Djamal, SH dan (Alm) Dra. Hj. Sudarni Sayuti.Irwan Prayitno merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia 2 periode (2004–2009 dan 2009-2014) dari Partai Keadilan Sejahtera dengan daerah pemilihan Sumatera Barat I. Pada Tanggal 15 Agustus 2010, Beliau dilantik menjadi Gubernur Sumatera Barat periode 2010-2015 oleh Menteri Dalam Negeri , Gamawan Fauzi di Gedung Darurat DPRD Provinsi Sumatera Barat.



· Materi Seminar :
Partisipasi Dan Peran Pemerintah Daerah Dalam Perwujudan Penciptaan Wirausaha Baru di Propinsi Sumatera Barat.

3.       Hendy Setiono
Presiden Direktur Kebab Turki Baba Rafi
· Profil :
Lahir di Surabaya, 27 tahun silam, prestasi Hendy Setiono tidak bisa dipandang sebelah mata. Meski berpenampilan sederhana, ia adalah seorang presiden direktur Kebab Turki Baba Rafi – perusahaan beromzet lebih dari Rp 4 miliar per bulan.
Outlet makanan ala Timur Tengah itu kini berjumlah 325, membentang dari kawasan superramai seperti Jakarta hingga pelosok Ambon. Ratusan outlet itu dipantau dan disupervisi dari dua kantor operasional di kawasan Nginden, Surabaya, dan Pondok Labu, Jakarta. Tahun lalu omzet usahanya mencapai Rp 45 miliar, dan 25 persen di antaranya masuk kantongnya sebagai laba bersih.
Oleh majalah Tempo edisi akhir 2006, dia dinobatkan sebagai salah seorang di antara sepuluh tokoh pilihan yang dinilai mengubah Indonesia. Tentu, sebuah pengakuan yang membanggakan bagi Hendy. Apalagi, bisnis yang dia geluti tergolong bisnis yang tak akrab di telinga.
· Materi Seminar :
Kiat Sukses Membangun Usaha di Usia Muda



4.       Drs. Bahrullah Akbar, MBA
Anggota BPK RI Bidang Pengawasan dan Pembinaan Anggaran Pada BUMN
· Profil :
Pria kelahiran Jakarta, 23 Maret 1959 ini pernah menjadi auditor dan menjabat sebagai Widyaiswara BPK RI pada tahun 1985-1992 dan 1995-2004.  Di tahun 1989 beliau menamatkan pendidikan Sarjananya di Universitas 17 Agustus 1945 jurusan Administrasi Niaga, dan mengambil Master Bussiness Administration pada tahun 1992 di  Hull University – Inggris, serta saat ini tercatat sebagai kandidat Doktor Ilmu Pemerintahan dari Universitas Padjadjaran, Bandung. Sebelum terpilih menjadi anggota BPK, Bahrullah Akbar pernah menjabat sebagai Lektor Kepala di Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Selain itu,  pada tahun 2007 – September 2011 menjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga Provinsi Kepulauan Riau.
· Materi Seminar :
Peran BPK RI terhadap pengawasan keuangan BUMN terutama terhadap sektor CSR perusahaan yang terkait terhadap pemberdayaan masyarakat untuk pemodalan kewirausaan.


H.      BIAYA PENDAFTARAN
Untuk mengikuti seminar ini peserta hanya dikenakan biaya registrasi :
a.       Mahasiswa/ Pelajar        : Rp. 20.000,-/Peserta.
b.      Umum                            : Rp. 30.000,-/Peserta




I.           Susunan acara
WAKTU
KEGIATAN
PJ
08.30-09.00
Registrasi Peserta
Sie Adm
09.00-09.30
PEMBUKAAN
Sie Acara
Sambutan  Ketua Pelaksana
Sambutan Presma ATIP
Sambutan Direktur ATIP Sekasligus Membuka  Acara Secara Resmi
09.30-12.00
SESI I SEMINAR(PENYAMPAIAN MATERI)
Sie Acara

1. Dra. Euis Saedah M.Sc (DIRJEN IKM)

2. Hendy Setiyono

3. Drs. Bahrullah Akbar, MBA (anggota BPK)

4. Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, MSc (Gubernur Sumatera Barat)
12.00-13.30
Ishoma
Sie Konsumsi
13.30-15.00
SESI II SEMINAR(TANYA JAWAB)
Sie Acara
15.00
PENUTUPAN (Penyerahan Plakat Kepada Pembicara)
Sie Acara



J. PENUTUP

Demikian TOR ini kami buat sebagai landasan awal untuk pelaksanaan Seminar Nasional . Semoga Allah SWT selalu meridhoi. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar